Minggu, 15 Maret 2015

RPP BAHASA INGGRIS



Satuan pendidikan                  :………………………
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/semester                        : VII/ 1
Materi Pokok                          : Short Notice
Alokasi Waktu                        : 2 JP (satu kali pertemuan)

A.                Kompetensi Inti

·         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
·         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,    gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
·         Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian  tampak mata.
·         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.                 Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
1
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.


2
2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

3
3.9    Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9.1   Menjelaskan fungsi dari short notice
3.9.2   Menunjukan contoh short notice dalam kehidupan sehari-hari

4
4.11Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.11.1 membuat sebuah short notice dengan baik dan denar.

4.11.2 mengucapkan kembali Short teks notice dalam bahasa ingris dengan penuh percaya    diri

C.                 Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pemebelajaran siswa mampu:
1.      Menjelaskan fungsi dari short notice yang ditunjukan oleh guru
2.      Menjelaskan makna dari short notice yang ditunjukan oleh guru
3.      Membuat teks short notice dengan unsur kebahasaan yang benar
4.      Mengucapkan kembali teks short notice dengan benar dalam bahasa inggris

D.                Materi Pembelajaran

m.jpgindex.jpgyToab7jTE.gifnotice1.jpg






Fungsi Sosial
Mencapai tujuan, menjaga ketertiban dan keselamtan pribadi dan publik.

Structure Text
a.       Instruction, Short  Notice Raya
No entry                       = dilarang berhenti
turn left                        = belok kiri
turn right          = belok kanan
stop                   = stop
no parking        = dilarang parkir
no turn left       = dilarang belok kiri
no turn right     = dilarang belok kanan
bus stop            = bus berhenti
parking                         = boleh parkir
danger              = bahaya

b.      Notice
1. "NOTICE! DONT TREAD GRASS!"
    Meaning: we are not allowed to tread on the grass // we are not forbidden to tread on the grass in the park.

2. "CAUTION! KEEP SILENT! EXAMINATION IS IN PROGRESS"
    meaning: we are not allowed to noisy because examination is in progress // we should be silent when examination is progress

3. "DONT FEED THE ANIMALS"
    meabing: we are not allower to give something to the animals // we are forbidden to give food to the animals

4. "DONT ENTER WITHOUT PERMISSION"
    meaning: we are not allowed to enter the room without permission

5. "NO SMOKING"
    meaning: we are not allowed to smok in the room // smoking in this area is prohibited



Unsur Kebahasaan :
1.       Kata dan tata bahasa yang lazim digunakan
2.       Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
3.       Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.

Topic :
Tindakan di sekolah dan di rumah dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat dan ramah lingkungan.
Multimedia : Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik.

E.                 Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.       Scientific
2.        kooperatif learning

F.                  Sumber dan Media Belajar
a.    Sumber belajar
Buku paket siswa Asep Gunawan dan Kawan-kawan, 2013 When English Rings The Bell for grade VII. Jakarta kementrian pendidikan dan kebudayaan.
b.    Media
Karton, gambar, Infocus

G.                Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajran

No
Uraian
Alokasi waktu
1
Kegiatan pendahuluan
1)      Guru member salam (greeting)
2)      Guru memeriksa kehadiran siswa
3)      Guru Menyiapkan peserta didik secara psikis dan pisik untuk mengikuti proses pembelajaran
4)      Guru memberi motivasi kepada siswa
5)      Guru menyampaikan tujuan pemebelajaran yang akan disampaikan
6)      Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang materi yang akan disampaikan
5 menit
2
Kegiatan inti
Observasi
1)      Guru menyediakan dan menempelkan gambar – gambar didepan kelas dan memaparkan beberapa situasi kejadian
Mempertanyakan
1)      Guru menyampaikan penuntun (leading question) untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa tentang pengertian short notice, jenis-jenis, dan cara membuatnya.
2)      Dengan bimbingan guru peserta didik mengamati kembali gambar dan menanyakan tentang fungsi dari short notice
Mengksplorasi
1)      Dengan bimbingan guru peserta didik mengamati kembali gambar dan menanyakan tentang fungsi dari short notice
2)      Siswa berdiskusi dengan kelompoknya untuk menjawab pertanyaan yang digilir
Mengkomunikasikan
1)      Siswa Menjawab pertanyaan teks short notice yang diberikan
2)      Guru memfasilitasi Tanya jawab/menjawab siswa yang bertanya
3)      Guru Memotivasi siswa untuk berkerja kreatif
4)      Siswa berusaha berbicara secara lancer dengan ucapan, tekanan kata, dan intonasi yang benar mengenai short notice di kehidupan sehari-hari.



30 Menit
3
Penutup
1)      Guru bersama-sama dengan peserta didik  membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2)       Melakukan penilaian atau refleksi  terhadap kegiatan  yang sudah dilaksanakan



5 menit

H.                Penilaian

No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Skor
1
Fungsi Sosial
Fungsi sosial sepenuhnya terealisasi dengan
5


konteks



Fungsi sosial teks terkesan sedikit janggal
4


terealisasi dengan kontes



Fungsi sosial teks terkesan  janggal
3


terealisasi dengan kontes



Fungsi Sosial janggal teralisasi dengan konteks
2


Fungsi sosial teks tidak sama teralisasi sama
1


sekali dengan konteks

2
Struktur Teks
Struktur teks yang digunakan runtun
5


Struktur teks yang digunakan sedit runtun
4


Struktur teks yang digunakan sebagain runtun
3


Dua struktur teks yang digunakan runtun
2


Struktur teks yang digunakan tidak runtun
1
3
Unsur Kebahaaan
Teks direalisasikan dengan semua kaidah
5


unsur kebahasan terpenuhi



Teks direalisasikan dengan sebagian kaidah
4


unsur kebahasan terpenuhi



Teks direalisasikan dengan sebagian kecil kaidah
3


unsur kebahasan terpenuhi



Teks direalisasikan dengan semua kaidah
2


unsur kebahasan tidak terpenuhi



Teks direalisasikan dengan kalimat terputus
1



Tidak ada komentar:

Posting Komentar