Satuan
pendidikan :………………………
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/semester : VII/ 1
Materi
Pokok : Short Notice
Alokasi
Waktu : 2 JP (satu
kali pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
·
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
·
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
·
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
·
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
|
2
|
2.2 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
|
|
3
|
3.9 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction),
tanda atau rambu (short notice),
tanda peringatan
(warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.9.1 Menjelaskan fungsi dari short notice
3.9.2 Menunjukan contoh short notice dalam kehidupan sehari-hari
|
4
|
4.11Menyusun teks instruksi (instruction),
tanda atau rambu (short notice),
tanda peringatan (warning/caution),
lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.11.1 membuat sebuah short notice
dengan baik dan denar.
4.11.2 mengucapkan kembali Short
teks notice dalam bahasa ingris dengan penuh percaya diri
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pemebelajaran siswa mampu:
1.
Menjelaskan fungsi dari short notice yang ditunjukan oleh guru
2.
Menjelaskan makna dari short notice yang ditunjukan oleh guru
3.
Membuat teks short notice dengan unsur kebahasaan yang benar
4.
Mengucapkan kembali teks short notice dengan benar dalam bahasa inggris
D.
Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial
Mencapai
tujuan, menjaga ketertiban dan keselamtan pribadi dan publik.
Structure Text
a. Instruction,
Short Notice Raya
No entry = dilarang berhenti
turn left = belok kiri
turn right = belok kanan
stop = stop
no parking = dilarang parkir
no turn left = dilarang belok kiri
no turn right = dilarang belok kanan
bus stop = bus berhenti
parking = boleh parkir
danger = bahaya
turn left = belok kiri
turn right = belok kanan
stop = stop
no parking = dilarang parkir
no turn left = dilarang belok kiri
no turn right = dilarang belok kanan
bus stop = bus berhenti
parking = boleh parkir
danger = bahaya
b. Notice
1. "NOTICE! DONT TREAD
GRASS!"
Meaning: we are not allowed to tread on the grass // we are not forbidden to tread on the grass in the park.
2. "CAUTION! KEEP SILENT! EXAMINATION IS IN PROGRESS"
meaning: we are not allowed to noisy because examination is in progress // we should be silent when examination is progress
3. "DONT FEED THE ANIMALS"
meabing: we are not allower to give something to the animals // we are forbidden to give food to the animals
4. "DONT ENTER WITHOUT PERMISSION"
meaning: we are not allowed to enter the room without permission
5. "NO SMOKING"
meaning: we are not allowed to smok in the room // smoking in this area is prohibited
Meaning: we are not allowed to tread on the grass // we are not forbidden to tread on the grass in the park.
2. "CAUTION! KEEP SILENT! EXAMINATION IS IN PROGRESS"
meaning: we are not allowed to noisy because examination is in progress // we should be silent when examination is progress
3. "DONT FEED THE ANIMALS"
meabing: we are not allower to give something to the animals // we are forbidden to give food to the animals
4. "DONT ENTER WITHOUT PERMISSION"
meaning: we are not allowed to enter the room without permission
5. "NO SMOKING"
meaning: we are not allowed to smok in the room // smoking in this area is prohibited
Unsur Kebahasaan :
1. Kata dan tata bahasa
yang lazim digunakan
2. Ejaan dan tulisan
tangan dan cetak yang jelas dan rapi
3. Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topic :
Tindakan di sekolah dan di rumah dengan memberikan
keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat dan
ramah lingkungan.
Multimedia : Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks
lebih menarik.
E.
Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.
Scientific
2.
kooperatif learning
F.
Sumber dan Media Belajar
a.
Sumber belajar
Buku paket
siswa Asep Gunawan dan Kawan-kawan, 2013 When
English Rings The Bell for grade VII. Jakarta kementrian pendidikan dan
kebudayaan.
b.
Media
Karton,
gambar, Infocus
G.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajran
No
|
Uraian
|
Alokasi
waktu
|
1
|
Kegiatan pendahuluan
1)
Guru
member salam (greeting)
2)
Guru
memeriksa kehadiran siswa
3)
Guru Menyiapkan peserta didik secara psikis dan
pisik untuk mengikuti proses pembelajaran
4)
Guru memberi motivasi kepada siswa
5)
Guru menyampaikan tujuan pemebelajaran yang akan
disampaikan
6)
Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang
materi yang akan disampaikan
|
5 menit
|
2
|
Kegiatan inti
Observasi
1)
Guru menyediakan dan menempelkan gambar – gambar
didepan kelas dan memaparkan beberapa situasi kejadian
Mempertanyakan
1)
Guru
menyampaikan penuntun (leading question) untuk membangkitkan rasa ingin tahu
siswa tentang pengertian short notice, jenis-jenis, dan cara membuatnya.
2)
Dengan
bimbingan guru peserta didik mengamati kembali gambar dan menanyakan tentang
fungsi dari short notice
Mengksplorasi
1) Dengan bimbingan guru peserta
didik mengamati kembali gambar dan menanyakan tentang fungsi dari short
notice
2)
Siswa berdiskusi dengan kelompoknya untuk menjawab
pertanyaan yang digilir
Mengkomunikasikan
1)
Siswa Menjawab pertanyaan teks short notice yang
diberikan
2)
Guru memfasilitasi Tanya jawab/menjawab siswa yang
bertanya
3)
Guru Memotivasi siswa untuk berkerja kreatif
4)
Siswa berusaha berbicara secara lancer dengan
ucapan, tekanan kata, dan intonasi yang benar mengenai short notice di
kehidupan sehari-hari.
|
30 Menit
|
3
|
Penutup
1)
Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2)
Melakukan
penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
|
5 menit
|
H.
Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Fungsi Sosial
|
Fungsi sosial
sepenuhnya terealisasi dengan
|
5
|
konteks
|
|||
Fungsi sosial teks
terkesan sedikit janggal
|
4
|
||
terealisasi dengan
kontes
|
|||
Fungsi sosial teks
terkesan janggal
|
3
|
||
terealisasi dengan
kontes
|
|||
Fungsi Sosial janggal
teralisasi dengan konteks
|
2
|
||
Fungsi sosial teks
tidak sama teralisasi sama
|
1
|
||
sekali dengan konteks
|
|||
2
|
Struktur Teks
|
Struktur teks yang
digunakan runtun
|
5
|
Struktur teks yang
digunakan sedit runtun
|
4
|
||
Struktur teks yang digunakan
sebagain runtun
|
3
|
||
Dua struktur teks yang
digunakan runtun
|
2
|
||
Struktur teks yang
digunakan tidak runtun
|
1
|
||
3
|
Unsur Kebahaaan
|
Teks direalisasikan
dengan semua kaidah
|
5
|
unsur kebahasan
terpenuhi
|
|||
Teks direalisasikan
dengan sebagian kaidah
|
4
|
||
unsur kebahasan
terpenuhi
|
|||
Teks direalisasikan
dengan sebagian kecil kaidah
|
3
|
||
unsur kebahasan
terpenuhi
|
|||
Teks direalisasikan
dengan semua kaidah
|
2
|
||
unsur kebahasan tidak
terpenuhi
|
|||
Teks direalisasikan
dengan kalimat terputus
|
1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar